Install BlankOn 7.0 Pattimura di Netbook


Halo Pembaca! Lama nih gak posting tentang linux, padahal ini blog pake embel-embel “Linux, Komputer & IT!”  tapi malah jarang posting tentang linux. Jujur saja akhir-akhir ini saya memang jarang pake Linux, seringnya Mac . Terakhir saya pake GarudaOS di netbook, tapi desktop KDE4 nya membuat kinerja prosesor Atom ngos-ngosan, padahal gak pake Compiz n udah pake ram 2GB . Akhirnya setelah memutuskan untuk mengganti GarudaOS di netbook dengan yang lebih ringan. Pilihan jatuh ke BlankOn 7.0 yang baru saja dirilis, langsung saja deh saya download iso OS ini di sini. *4 jam kemudian* Saya selese download iso BlankOn 7.0, langsung deh saya bikin live USB nya pake Unetbootin for Mac, tapi gagal . Unetbootin for mac nya bug x ya? akhirnya pake unetbootin windows malah lancar jaya . Pada posting ini saya menggunakan USB flashdisk 4GB dan netbook Acer Aspire One 531h.
Screenshot Seperti biasa, intalasi dengan cara dobel klik icon diatas
Screenshot-1
Persiapan instalasi, BlankOn akan mengecek apakah kita terkoneksi internet dan AC power atau tidak, walau tidak terhubung dengan keduanya, instalasi tetap dapat dilakukan.

Screenshot-2
Seperti biasa, kita dikasi 3 pilihan model partisi, yang pertama BlankOn otomatis menggunakan space kosong yang ada, yang kedua adalah menghapus partisi yang ada, dan diganti dengan BlankOn . Saya pilih yang ketiga, artinya semau kita 
Screenshot-3
Pilih partisi yang dikehendaki, Use as EXT4 journaling file system, centang format partition dan mount point pilih ‘/’
Screenshot-4
Partisi sda8 yang saya gunakan untuk instalasi BlankOn 7.0, klik install now
Screenshot-5
Selagi instalasi berjalan, kita pilih timezone yang sesuai, GMT+7 pilih kota jakarta
Screenshot-6
langsung klik next
Screenshot-7
Selanjutnya mengisi username dan password untuk login ke sistem nantinya
Screenshot-8
Instalasi hampir selesai
Instalasi BlankOn di netbook cukup singkat, cuma 15 menit saja . Setelah instalasi sukses, kemudian restart, selesai sudah instalnya . Sayangnya, setelah instalasi BlankOn 7.0 Pattimura ini saya malah gak bisa masuk ke Mac, padahal di menu GRUB-nya BlankOn ada! Pas saya pilih Mac OSX di menu GRUB, layar netbook saya cuma item, ditunggu sampe tahun depan juga tetep gitu. Wah kalo sampe install ulang hackintosh bisa makin ribet. Akhirnya saya teringat tool yang dulu pernah saya gunakan, EasyBCD! EasyBCD ini tool untuk konfigurasi bootloader dan bootmenu windows. langsung deh saya download di sini, dan menambah bootloader Mac seperti di screenshot betrikut ini
easybcd1
Saya pilih mode MBR
easybcd2
Boot menu windows
Penggunaan easyBCD ini gak pengaruh sama grub yang sudah terinstall, dan ketika netbook saya booting, masih disambut dengan menu GRUB bootloader. Menu seperti yang tercantum di easyBCD diatas akan tampil setelah saya memilih Windows dari menu GRUB . Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat .
untuk yang berminat yang pdf silahkan klik disini
Previous
Next Post »