Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu dari sekian banyak sistem operasi open source. Nah, dari sekian banyaknya sistem operasi yang beredar saat ini, Ubuntu menjadi favorit saya, mengapa? Karena berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan berbagai distro Linux,
Ubuntu lah yang paling minimal bugs-nya. Karena selama saya menggunakan Ubuntu jarang sekali mengalami masalah.
Tapi bukan berarti bebas dari masalah, karena tidak ada sistem operasi yang sempura. Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 


Kelebihan Ubuntu :

1. Tampilan.

Pembaca bisa lihat tampilan di awal bukan? Bagaimana, bagus tidak? Ya itulah tampilan – tampilan yang disediakan oleh Ubuntu. Eits.. Jangan salah ada banyak macam tampilan yang bisa anda unduh nantinya. Contohnya seperti ini,

Bagus bukan? Bersegeralah menginstallnya. Bahkan menurut penilaian penulis, tampilan tersebut sudah melampaui Mac Os Apple.
2. Keamanan & Virus.
Ubuntu ini dapat penulis katakan, sangat bebas virus. Tetapi tidak 100%. Virus tersebut tidak terlalu membahayakan Ubuntu ini. Bahkan virus di Ubuntu bagaikan “masuk kanan keluar kiri”. Sistem Keamanan Ubuntu sendiri sangat ketat karena terlindungi oleh Password dan Enkripsi lainnya.
3. Mudah Di Modifikasi.
Sistem Operasi ini sangat mudah dimodifikasi, bahkan di Internet banyak pilihan tema dan icon yang anda bisa Install untuk merubah Tampilan. Disisi lain anda juga bisa membuat Ubuntu anda secara personal dengan memodifikasi file systemnya. Tentunya dengan tutorial – tutorial yang banyak bertebaran di Dunia Maya.
4. Games.
Games di Ubuntu tidak kalah canggih dan bagus dengan game – game yang ada di Windows. Pengguna pun bisa menginstall Game Windows di Ubuntu dengan menggunakan Wine.
5. Tool (alat) untuk bidang Keamanan Sistem Jaringan
Tool yang tersedia sangat banyak dan ini beberapa contohnya,
·         nmap = Tool yang digunakan untuk mendeteksi Sistem Operasi lain menggunakan ip target
·         msfpro & msfconsole (Metasploit) = Tool yang digunakan untuk mencari celah keamanan pada beberapa sistem operasi yang ada didunia ini.
·         aircrack-ng = Tool yang digunakan untuk mengcrack password wifi. Dan lain-lain.
6. Interface yang mudah.
Para pengguna Ubuntu sebenarnya paling dimanjakan oleh tampilannya. Hanya sekali klik program sudah tersedia. Jika ingin mencari lagu, cukup ketikkan di Launcher HUD. Pengguna sudah dapat membeli dan mengunduhnya.
7. Ubuntu Software Center (Pusat Software Ubuntu)
Dari pada pusing-pusing cari software di Website, kita bisa mendownloadnya sendiri pusat nya sendiri. Yaitu di Ubuntu nya sendiri. Cukup klik icon tas di Launcher sebelah kiri tampilan. Lalu silahkan pilih sendiri Softwarenya.

8. Dan Lain – Lain
Masih banyak kelebihan – kelebihan lainnya yang tersimpan di Ubuntu ini. Jika makin penasaran, silahkan Install Ubuntunya. Dan tingkatkan produktivitas anda menggunakan Sistem Operasi ini.

Kelemahan Ubuntu :


Dari pada menunjukkan kelebihan terus menerus, penulis mengingatkan bahwa tidak ada Sistem Operasi yang benar – benar sempurna. Bahkan Apple Mac Os  yang dikenal aman masih bisa di susupi oleh virus. Karena itu penulis memberikan beberapa problem yang sering dijumpai di Ubuntu.
1. Support Hardware
Beberapa vendor hardware baru kadang belum mensupport Ubuntu, biasanya menunggu 1 sampai 2 bulan agar bisa disupport. Misal Modem, Wifi, dan Kartu Grafis (VGA)
2. Butuh penyesuaian
Bagi pengguna yang terbiasa dengan Windows akan berhadapan dengan interface baru. Tapi pastinya di Ubuntu ini benar – benar mudah sekali kalau kita terbiasa menggunakannya.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi linux ubuntu. jika ada yang kurang silahkan untuk meninggalkan pesan. Terima kasih
Previous
Next Post »